Sabtu, 21 Januari 2012

Ajang SCOPA JUBILEE 2012

Jakarta– Bertempat di Annex Building Wisma Nusantara lt. 11-12, Kamis (19/1), PT. Surya Placejaya mengadakan konferensi pers dalam rangka malam penganugerahan Suraya Placejaya Creative On Paper Award – SCOPA JUBILEE 2012. Dalam konferensi pers tersebut hadir para perwakilan dari penyelenggara SCOPA JUBILEE, diantaranya Pramudji Suginawan selaku President Direktur PT. Surya Placejaya, Soraya selaku Ketua Panitia SCOPA JUBILEE, Andi S. Boediman dan Arief “ayip” Budiman selaku ketua ADGI dan menjadi juri dalam ajang SCOPA JUBILEE. Mereka berkesempatan untuk memaparkan tentang apa dan bagaimana serta tujuan dari diselenggarakannya SCOPA JUBILEE.

SCOPA sendiri telah berlangsung sejak tahun 1995, dimana setiap penyelenggarannya mengambil tema tertentu yang saat itu sedang menjadi tren/booming. Seperti SCOPA Kafe Tenda, saat itu banyak sekali berjamur kafe–kafe tenda yang diinisiasi oleh para public figure seperti artis dan lain lain. Kemudian ketika memasuki awal milenium baru tahun 2000-an diadakan SCOPA Milenium, dan di tahun 2012 ini diadakan SCOPA JUBILEE yang bertepatan juga dengan 25 tahun usia dari SURYA FANCY sebuah divisi dari PT. Surya Placejaya yang khusus menangani kertas–kertas fancy yang sebagian besar berkualitas pilihan dari berbagai macam pabrik penghasil kertas ternama di dunia. Selain kualitas prima dan faktor ramah lingkungan juga menjadi perhatian serius dengan sertifikasi dari FSC (Forest Stewardship Council), sebuah organisasi independen dunia yang mengawasi manajemen dan kelangsungan hidup hutan di dunia. SURYA FANCY juga telah membantu keberhasilan kiprah karya–karya dalam perkembangan dunia desain grafis Indonesia.

Pencanangan SCOPA JUBILEE telah dilakukan pada tahun 2010 diikuti dengan pembentukan panitia pelaksana acara penganugrahan. Kegiatan pengumpulan karya sendiri dimulai awal tahun 2011 yang dibagi menjadi 6 kategori sebagai berikut: 
1. Promotion tools : Brosur/Flyer/ Leaflet/ Newsletter
2. Corporate Communication : Company Profile/Annual Report
3. Corporate Identity : Letterhead/Envelope/Name Card
4. Annuals : Diary/Agenda/Calendar
5. Cards : Corporate Invitation Card/Greeting Card
6. Conceptual : Khusus bagi mahasiswa baik secara perorangan maupun kelompok

Banyaknya karya–karya yang diterima panitia yang hampir mencapai 500 karya kreatif ini, membuktikan bahwa antusiasme para insan kreatif dalam membuat sebuah karya yang memakai media kertasprinting semakin beragam. Media kertas tidak sepenuhnya ditinggalkan dan tergantikan oleh media elektronik dan digital karena media kertas masih dibutuhkan untuk membuat ragam kreatifitas yang tidak bisa tergantikan oleh media lainnya.

Tidak ada komentar: